Amankah Bahan Peralatan Masak Anda?

Artikel berikut ini bersumber dari http://kosmo.vivanews.com yang ditulis oleh Irma Kurniati.

Saat ini peralatan masak semakin canggih saja. Bukan hanya bentuk dan modelnya yang mengikuti gaya hidup modern. Bahan-bahannya pun menggunakan teknologi tinggi yang memudahkan kita untuk memasak dengan praktis.

Panci atau penggorengan berbahan stainless steel dan yang berlapis antilengket telah bertahun-tahun  membantu pekerjaan para ibu di dapur.

Tapi dari sisi kesehatan, banyak kemungkinan bisa terjadi akibat penggunaan peralatan masak yang berkualitas kurang baik. Zat kimia beracun bisa saja bersembunyi di balik peralatan masak Anda.

Bahan peralatan masak apa saja yang perlu Anda cermati?

Lapisan antilengket
Peralatan masak berlapis bahan antilengket adalah penemuan yang sangat menyenangkan bagi para ibu rumah tangga. Tak ada lagi ikan gosong dan lengket di penggorengan. Tak ada lagi susah payah membersihkan wajan yang penuh masakan lengket.

Dengan peralatan masak antilengket, kita juga bisa menggunakan lebih sedikit minyak goreng. Artinya, lebih sedikit kolesterol saat memasak.

Tapi bukan berarti bahan ini aman untuk kesehatan. Bahan yang awalnya banyak digunakan dalam peralatan militer ini juga menyimpan zat berbahaya.

Studi kesehatan menunjukkan, peralatan memasak antilengket bisa melepas bahan kimia seperti perfluoropropionic dan benzena. Bahan-bahan yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan itu muncul bila lapisan antilengket mengelupas karena tergores benda tajam atau karena penggunaan yang tidak benar. Misalkan dipanaskan dengan suhu di atas 200 derajat Celsius.

Enamel
Alat masak berbahan enamel tampilannya sangat menggoda mata. Bahan enamel ini memungkinkan peralatan masak tampil dalam berbagai warna cerah dan motif menarik.

Tapi bahan perwarna yang digunakan tersebut mengandung zat kimia misalnya mangan, cadmium, dan sebagainya.Bila terjadi goresan pada lapisan berwarna, bisa menyebabkan terlepasnya ion pada bahan metal. Begitu pula jika dipanaskan pada suhu melebihi 100 derajat Celsius.

Solusinya, saat menggunakan bahan ini Anda harus lebih berhati-hati, jangan sampai peralatan masak bebahan enamel tergores.

Plastik
Wadah plastik adalah pilihan praktis untuk menyimpan makanan. Baik bahan mentah maupun matang. Tapi bahan plastik terdiri dari berbagai macam komponen kimia yang berbahaya. Terutama bila Anda menggunakan peralatan plastik yang murah meriah.

Sebaiknya Anda pilih peralatan plastik yang sudah terbukti aman melalui uji kualitas. Perhatikan label aman untuk kesehatan pada produk plastik. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, asalkan kesehatan Anda da keluarga terjamin. Bahan murahan yang belum tentu aman bisa menimbulkan bahaya yang lebih besar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s