Tips Mengusir Tikus

  • Pelihara Kucing,karena kucing adalah predator tikus yang alami.
  • Manfaatkan buah mengkudu,taruhlah tiap-tiap lubang keluar masuk tikus dengan buah mengkudu masak pohon (warnanya putih, tidak keras, dan baunya menyengat).
  • Ultrasound atau jangkrik,pakailah alat yasng mengeluarkan gelombang ultrasound (mouse dan rat ultrasound repeller) yang menyebabkan tikus menjadi gelisah dan tidak betah. Atau pakai suara jangkrik, bisa dengan jangkrik betulan atau rekaman, karena tikus takut dengan suara jangkrik.
  • Kapur barus dan pengharum ruangan, usahakan sanitasi, sirkulasi udara, dan sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah sehingga rumah tetap kering, tidak pengap, dan terhindar dari bau tak sedap yang akan mengundang datangnya si tikus. Selain itu, pasang kapur barus atau pengharum ruangan di tempat-tempat tertentu, selain terhindar dari tikus, ruangan juga menjadi harum.
  • Kulit durian, letakan kulit durian ditempat munculnya tikus.
  • Taburkan kopi, ambillah kopi bubuk yang aromanya menyengat, secukupnya. Taburkanlah kopi pada bekas jalan yang dilalui tikus. Hal ini biasanya berlaku selam +/- 10 hari atau selama aroma kopi masih tercium. Selanjutnya dapat diganti dengan kopi yang baru lagi.

sumber : UMMI No.02/XXI/Juni 2009/1431 H,hal. 64

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s